Praktik komputer lintas bidang - soal informatika
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kolaborasi!
Jawab: Kolaborasi adalah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik individu, lembaga dan atau pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat.
2. Apa itu Mailings, dan juga fungsinya?
Jawab: Mailings atau disebut juga mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fasilitas ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangatlah banyak.
3. Apa keuntungan membuat Mail Merge dengan kolaborasi ini?
Jawab: Surat yang kita buat akan lebih cepat dalam pembuatannya dibandingkan dengan pembuatan surat satu persatu, jumlah halaman untuk surat lebih sedikit apabila isi surat yang sama dengan tujuan penerima surat dan alamat surat berbeda, hanya diperlukan menambahkan data pada data surat data tujuan dari surat-surat tersebut (data penerima) dimungkinkan tersimpan ke database, sehingga masih dapat digunakan untuk keperluan surat lain yang dibutuhkan.
4. Ada berapa dokumen yang bisa digunakan untuk membuat mail Merge?
Jawab: ada 2, yaitu Dokumen Master dam Data source.
5. Apa itu data Master?
Jawab: dokumen utama atau dokumen induk yang merupakan format dari isi surat dengan isinya sama untuk semua penerima yang berbeda.
6. Apa itu Data Source?
Jawab:Data Source dokumen data atau data yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima. Untuk data source dalam pembahasan ini menggunakan Microsoft Excel.
7. Sebutkan beberapa keuntungan menggunakan data source atau dokumen data menggunakan program Microsoft Excel
Jawab: a) penggunaannya lebih cepat,
b) lebih mudah mengontrol dan menambah data baru,
c) lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel terutama bila kita ingin memperbaikinya seperti salah pengejaan dan sebagainya,
d) juga mempermudah menyalin data source pada dokumen Excel ke lembar kerja yang lain.
8. Jelaskan pengertian dari google form!
Jawab: google form adalah formulir yang disediakan oleh google sebagai alat untuk membantu Anda dan kita semua dalam merancang acara, mengirim survei, memberikan kepada siswa atau orang lain suatu kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang lebih efisien.
9. Apa saja manfaat dari google form?
Jawab:
•Distribusi dan tabulasi online dari real-time
• Real time collaboration 50 orang dapat bekerja satu berkas dalam satu waktu
• Setiap perubahan disimpan secara otomatis
• Aman: menyimpan berkas penting atau tugas sekolah tidak takut hilang atau rusak atau terkena virus.
10. Salah satu kegunaan google form adalah untuk....
Jawab: Untuk kuis online, ujian online, survey performa, survey masukan orang lain (orang tua wali), dan formulir online.
-------------------
Nama: Rinangku Aristrianty
Kelas: 8. i
Absen: 37
Komentar
Posting Komentar